Tipe Layanan Cloud Computing Indonesia

Penjelasan 3 Tipe Layanan Cloud Computing Indonesia

Pernahkah Anda mendengar istilah cloud computing? Istilah tersebut juga dikenal dengan nama komputasi awan. Kegiatan komputasi berbasis internet tersebut menjadi solusi komunikasi data yang efisien. Berbagai pihak jasa cloud computing Indonesia juga menyediakan berbagai layanan. Inilah tiga tipe layanan sesuai dengan fungsinya.

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Model layanan dalam cloud computing memang beragam. Salah satunya adalah infrastructure as a service. IaaS ini adalah layanan infrastruktur yang menyediakan hardware dalam sistem cloud, sedangkan aplikasi dan konfigurasi yang menjalankan sistem diserahkan pada jenis layanan lain. Jadi, penyedia layanan IaaS memang hanya menyediakan hardware.

Manajemen perangkat keras untuk berbagai keperluan cloud computing menjadi tanggung jawab penyedia layanan infrastruktur, yaitu meliputi penyediaan sumber daya komputasi seperti memori, prosesor, kapasitas jaringan, dan media penyimpanan yang semuanya sudah tervirtualisasi. Sumber daya ini dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi.

IaaS juga memungkinkan pengguna melakukan penambahan ataupun pengurangan kapasitas yang fleksibel dan otomatis. Hal ini dikarenakan pengguna tinggal mengontrol pemakaian layanan melalui pemasangan aplikasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Sebagai contoh, IaaS ini seperti Internal Business Networks, cloud hosting, serta Virtual Data Centre.

  1. Platform as a Service (PaaS)

Tipe layanan berikutnya dalam sistem cloud adalah platform as a service. PaaS ini merupakan bentuk komputasi awan yang menyediakan platform serta environment, sehingga memungkinkan developer untuk membangun aplikasi dan layanan via internet. Pengguna dapat menjalankan aplikasi pada tempat yang disediakan oleh PaaS.

Tempat yang dimaksud adalah sistem operasi, framework, database, dan sebagainya yang merupakan wadah untuk menjalankan aplikasi. Ciri dari layanan PaaS adalah pengguna tidak perlu lagi melakukan maintenance ataupun menyiapkan infrastruktur. User tetap fokus membangun aplikasi saja.

Pada umumnya, pihak penyedia PaaS yang terjamin akan menyediakan tempat pemasangan dan pengoperasian aplikasi dengan teknologi terkini. Karenanya, Anda perlu mengetahui kredibilitas penyedia layanan PaaS dan mengetahui bagaimana spesifikasi layanan yang disediakan. Saat ini, sudah banyak layanan cloud computing Indonesia yang terjamin.

  1. Software as a Service (Saas)

Tipe layanan cloud computing yang terakhir adalah software as a service. Suatu sistem tentu baru akan berjalan apabila semua bagiannya sudah terpenuhi. Setelah bagian hardware dan tempat atau platform-nya tersedia, kini saatnya memenuhi kebutuhan software. Layanan penyedia software ini disebut software as a service atau lebih dikenal sebagai SaaS.

Layanan ini menyediakan aplikasi siap pakai untuk para penggunanya. User bisa menemukan berbagai aplikasi tersebut secara online dan mengunduhnya. Setelah file aplikasi di-download, user langsung dapat memasangnya di perangkat atau gadget.

Penyedia software ini juga bertugas menyediakan upgrade aplikasi yang disediakannya agar performa aplikasi tersebut meningkat. Penemuan fitur baru dalam aplikasi juga dapat dilakukan lewat penyediaan upgrade sesuai aplikasi yang disediakan.

Sebelum memasang aplikasi tersebut, Anda harus menentukan kebutuhan dan memilih aplikasi terbaik sesuai dengan kebutuhan. Setelah semua aplikasi yang dibutuhkan dapat terpasang di perangkat, barulah Anda bisa menambah dengan aplikasi tambahan sesuai keinginan, seperti game, pemutar musik, komik, dan sebagainya.

Tetap pastikan jenis aplikasi yang Anda butuhkan agar kebutuhan tetap terpenuhi sesuai kapasitas yang tersedia dalam perangkat. Tips ini sangat perlu diterapkan demi kelancaran pemakaian perangkat agar memuat aplikasi sesuai kebutuhan dan tidak lag selama pemakaian.

Setelah memahami berbagai tipe layanan tersebut, Anda bisa menentukan layanan mana yang paling sesuai. Keoptimalan layanan dapat diwujudkan melalui penentuan layanan yang tepat. Pemilihan jasa cloud computing Indonesia yang berkualitas seperti Lintasarta juga menjadi solusinya. Kebutuhan akses data dapat terselesaikan secara optimal hingga jangka panjang.