Pengertian Abses Anus

Pengertian Abses Anus

Abses anus adalah penyakit yang mengalami rasa nyeri di area anus yang mempunyai dampak infeksi di kelenjar kecil sekitar dinding anus. Pencegahan infeksi pada katub yang ada dalam jaringan sekitar anus. Apabila terjadinya infeksi yang menembus katub anus tersebut memberikan dampak penyebaran mencapai jaringan perianal yang menybabkan terjadinya abses anus. Dilansir dari halaman alodokter.com abses anus karena terjadinya infeksi lebih awal yang menunjukan munculnya lepuh yang isinya nanah di bagian sekitar anus memiliki bengkak apabila di sentuh akan berwarna merah dan rasanya hangat tetapi jika abses anus berada di dalam  kadang tidak bisa teraba dan  tidak terlihat

Dari beberapa lokasi yang terjadi pada abses anus memberikan infeksi yang dapat di bedakan, antara lain:

  1. Abses perianal, kini terjadi lebih umum

Tanda- tanda yang dapat di ketahui lebih awal pada infeksi anus perianal yaitu merasakan nyeri yang terus menerus, sakit seperti tertusuk dan ketika hendak duduk akan memperparah kondisi ini. Karena adanya Iritasi pada kulit di bagian sekitar anus memiliki warna kemerahan, terlihat bengkak, dan pengerasan pada kulit, keluarnya nanah dan sembelit jika ada pergerakan usus.

  1. Abses pada rongga supralevator.

Abses supralevator, adanya infeksi yang berada lebih dalam memiliki tanda yang dapat di ketahui, antara lain: seseorang mengalami demam, kedinginan, dan tidak enak badan. Serin terjadinya deman ini yan paling menyulitkan diagnosis yang ingin lebih tahu dengan jelas terkadang memerlukan bantuan MRI atau CT scan untuk mengetahui secara langsung.

  1. Abses pada rongga intersphincter.

Adapun penyebab dari abses anus pada munculnyapun berbeda tergantung dari macamnya, penyebabnya antara lain:

  1. Terjadinya infeksi dakam saluran anus (infeksi pada fistula)
  2. Infeksi bisa menular jika berhubungan suami-istri.
  3. Kelenjar anus ada penyumbatan di dalamnya

Dilansir dari halaman klikdokter.con disebutkan bahwa adapula faktor resiko yang memicu timbulnya abses anus :

  1. Infeksi pada usus besar
  2. Terjadinya peradangan dalam saluran pencernaan
  3. Seseorang yang mempunyai diabetes
  4. Radang pada panggul
  5. Kelebihan dosis obat
  6. Hubungan seksual melalui anus

Adapun cara pengobatan abses anus jika kondisinya cukup parah yakni akan membutuhkan pembedahan. Pada wal persiapan penderita akan di berikan antibiotik. Pembedahan lebih baik dilakukan kurun waktu lebih cepat karena jika adanya penundaan maka kerusakan akan lebih parah (kronis). Metode pembedahan abses perianal dengan pembuangan nanah sebelum pecah untuk mengurangi resiko. Berbeda pula jika jenis pembedahan mempengaruhi daya yang paling parah ada yang di perlukan saat pembedahan yang di haruskan mengosongkan sistem pencernaan untuk melihat daya yang sangat di butuhkan nanti lebih mudah saat pembedahan.

Obat penghilang rasa sakit. Pada saat sebelum atau sesudah operasi penderita akan mengalami rasa nyeri dan merasa tidak nyaman di daerah abses anus. Adapula obat khusus yakni obat anelgesik untuk meringankan nyeri.  Selain itu, adapun obat antiemetik berfungsi untuk menghilangkan mual jika efeknya muncul akan terjadi kondisi seperti itu.

Setelah operasi dan pemberian obat juga pengobatan, penderita diwajibkan melakukan konsultasi rutin pada dokter setiap 2-3 minggu. Pada tahap ini pembicaraan secara khusus melalui konsultasi untuk memantau penyembuhan  pasca operasi yang sudah dilakukan. Adapula yang membahayakan saat adnya kematian yang diakibatkan abses anus ataupun komplikasi pasca operasi sangat jarang terjadi sejauh ini.

Referensi

alodokter.com

klikdokter.com

Referensi gambar:

chirpstory.com