Mata Kering Sering Muncul saat Menstruasi, Gunakan Insto Dry Eyes

Mata Kering Sering Muncul saat Menstruasi, Gunakan Insto Dry Eyes

Tidak hanya masalah sakit perut yang dirasakan saat menstruasi, namun masalah mata yang menjadi kering juga kerap kali terjadi. Mata perih, gatal dan berair saat menstruasi akan mengganggu aktivitas Anda. Sebenarnya apa penyebab mata mudah kering saat menstruasi dan bagaimana cara mengatasinya, berikut pembahasannya.

Penyebab Mata Mudah Kering saat Menstruasi

Masalah mata yang perih, gatal dan berair merupakan gejala umum dari sindrom mata kering, atau dalam istilah medis dikenal dengan keratoconjunctivitis sicca. Sindrom ini merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan lunbrikasi dengan baik akibat gangguan sekresi air mata. Air mata merupakan cairan yang bertugas melubrikasi dan menjaga kelembapan mata.

Air mata memiliki berbagai kandungan penting untuk mendukung fungsi penglihatan dan kesehatan mata, seperti air sebagai pelembab, minyak sebagai pelumas, lendir untuk memperluas pandangan dan antibodi untuk mencegah terjadinya infeksi. Produksi air mata terjadi pada kelenjar lakrima atau air mata, dimana sekresinya diatur oleh hormon.

Kurang optimalnya kinerja air mata disebabkan beberapa hal, yaitu gangguan produksi air mata dan penguapan air mata yang berlebihan. Gangguan produksi air mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor, Seperti kondisi medis tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu, kurangnya asupan gizi serta cairan dan perubahan hormon seperti pada saat menstruasi.

Penelitian membuktikan bahwa perubahan hormon saat menstruasi, terutama hormon seksual dapat mempengaruhi produksi air mata. Hal inilah yang menyebabkan ketika menstruasi mata menjadi lebih mudah kering.

Selain itu penguapan air mata yang berlebihan juga dapat menyebabkan mata menjadi kering. Hal ini umumnya disebabkan oleh dua hal, yaitu aktivitas dan lingkungan yang kurang baik. Berbagai aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti menatap layar gawai, membaca dan berkendara dapat menyebabkan reflek berkedip menurun.

Berkedip merupakan cara mata menjaga kelembapan dan melubrikasi ulang mata dengan merangsang kelenjar lakrima mensekresikan air mata. Hal inilah yang membuat mata pegel dan menjadi kering.

Mata yang terbuka lebih lama karena reflek berkedip yang menurun bisa menyebabkan penguapan jika berada pada kondisi lingkungan yang kurang baik. Kondisi lingkungan seperti ruangan ber-AC, tiupan angin dan udara yang panas dapat menyebabkan penguapan air mata menjadi cepat.

Cara Mencegah Mata Menjadi Kering

Faktor perubahan hormon saat menstruasi memang tidak bisa diubah, namun faktor aktivitas dan lingkungan masih bisa Anda hindari. Cara yang paling efektif adalah menghentikan atau mengurangi durasi kegiatan yang membutuhkan fokus visual tinggi.

Jika hal itu tidak memungkinkan, pastikan mata Anda selalu lembab dan terlubrikasi dengan cara perbanyak berkedip saat melakukan aktivitas. Anda juga bisa mengatur kelembapan ruangan agar mata sepet dan kering dapat diminimalisir.

Jika Anda bekerja dengan layar, Anda bisa mengatur kecerahan layar dan menggunakan kacamata antiradiasi dan anti sinar ultraviolet agar mata tidak mudah lelah. Setelah melakukan aktivitas Anda bisa mengompres mata Anda dengan air hangat, terutama bagian kelopak mata untuk merelaksasi otot mata yang tegang akibat beraktivitas agar kinerjanya kembali optimal.

Cara Mengatasi Mata yang Kering

Berdasarkan penyebabnya, cara yang paling efektif untuk mengatasi mata yang kering adalah menggunakan air mata buatan seperti Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk mengatasi mata yang kering dengan kandungan yang sangat mirip dengan air mata. Kandungan antibakteri pada Insto Dry Eyes mencegah terjadinya infeksi.

Itulah penjelasan tentang penyebab  mata anak menjadi kering dan cara mengatasinya. Ketika menstruasi resiko mata menjadi kering lebih tinggi, jadi ketika mata lelah dan terasa perih saat beraktivitas segeralah beristirahat dan gunakan Insto Dry Eyes agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius dan berkelanjutan.