Dada Sebelah Kiri Sakit? Ubah Gaya Hidup Anda

Dada Sebelah Kiri Sakit? Ubah Gaya Hidup Anda

Apakah Anda suka begadang hingga larut malam, bahkan sampai subuh? Kebiasaan buruk itu bisa membuat daya tahan tubuh melemah dan dada sebelah kiri sakit karena Anda kurang istirahat dan jam biologis jadi kacau. Jika Anda teruskan, maka nyeri di dada akan semakin menjadi-jadi. Anda tentu tak ingin sakit-sakitan di usia muda, ubahlah gaya hidup jadi seperti ini.

Pola Makan Sehat

Tempe dan tahu goreng memang lezat untuk menu sarapan, apalagi ditambah dengan sambal. Tempe memang sehat karena mengandung lemak yang rendah, tapi proses penggorengan membuatnya jadi berkolesterol tinggi. Apalagi jika Anda makan lebih dari 2 potong. Berapa kalori yang masuk?

Penumpukan kalori bisa menyumbat aliran darah dan potensi untuk terkena penyakit jantung koroner jadi lebih besar. Saat aliran darah tersumbat, maka akan ada nyeri di bagian dada. Ubahlah pola makan Anda dengan lebih banyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Minumlah air setidaknya 2 liter dalam sehari. Kurangi konsumsi lauk dan camilan yang digoreng.

Rutin Berolahraga

Olahraga tidak hanya dilakukan oleh para atlet. Jika Anda rutin berolahraga, maka tubuh akan lebih bugar dan ototnya kuat. Jika otot dada kuat maka Anda akan terhindar dari dada sebelah kiri sakit. Pilihlah olahraga yang Anda sukai, seperti berenang, yoga, atau sekedar jalan pagi di hari Minggu. Jangan memforsir tubuh untuk jogging, jadi, awali dengan olahraga ringan.

Berhenti Merokok

Jika Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari nyeri dada, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga. Rokok adalah penyebab kanker paru-paru dan penyakit berat lainnya. Asap rokok yang dihirup oleh keluarga dan anak juga bisa membuat mereka sesak dan terkena pnemonia. Jika belum bisa berhenti merokok, kurangi secara bertahap sampai Anda benar-benar berhenti.

Kurang Tidur

Anda merasa kelelahan lalu merasakan nyeri di dada? Coba ingat, bisa jadi Anda kurang tidur. Manusia harus tidur setidaknya 6 jam dalam sehari. Jika ada waktu, tambahkan dengan tidur siang meski hanya 30 menit. Saat Anda harus begadang karena dikejar deadline pekerjaan, maka bayarlah hutang tidur di akhir Minggu.

Stres

Stres karena tekanan pekerjaan juga bisa jadi penyebab nyeri di bagian dada. Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko, namun bukan berarti Anda harus larut dengan stres. Cobalah untuk rileks dengan minum teh hangat di sela-sela waktu kerja. Biasakan berpikir positif dan tersenyum setiap hari.

Jika dada sebelah kiri sakit dan Anda mual-mual, segera periksa ke dokter. Penyebab sakitnya bukan hanya karena penyakit jantung. Jika Anda stres, kurang tidur, dan makan sembarangan, maka juga bisa jadi penyebab nyeri di dada sebelah kiri. Ubahlah pola makan dan gaya hidup Anda agar tubuh jadi makin sehat dan Anda terhindar dari nyeri dada.